Inflasi melonjak ke degree tertinggi 40 tahun baru 10,1%

Inflasi melonjak ke level tertinggi 40 tahun baru 10,1%

Inflasi melonjak ke degree tertinggi dalam 40 tahun dalam 12 bulan hingga Juli, mencapai 10,1% sekitar lima kali lipat goal pemerintah 2%.

Indeks Harga Konsumen (IHK), yang digunakan pemerintah sebagai ukuran resmi inflasi, telah meningkat tajam tahun ini, melonjak dari 9,4% pada Juni dan 9,1% pada Mei. Ini menandai tingkat inflasi tertinggi sejak Maret 1982, ketika IHK mencapai 9,1%.

Melonjaknya harga makanan dan bahan pokok rumah tangga lainnya, dikombinasikan dengan peningkatan energi yang menggiurkan, semuanya berkontribusi pada lonjakan inflasi, menurut Kantor Statistik Nasional (ONS).

Ini menempatkan inflasi jauh di atas goal 2% Financial institution of England, dengan perkiraan financial institution bahwa itu bisa segera mencapai setinggi 10%. Dampak dari melonjaknya inflasi telah menempatkan keuangan rumah tangga di bawah tekanan yang signifikan, dan sementara pemerintah telah mengumumkan langkah-langkah untuk meringankan biaya energi, banyak orang kemungkinan masih berjuang untuk menutupi biaya.

Perdana Menteri yang baru, Liz Truss, telah mengumumkan batas harga energi tahunan sebesar £2.500 untuk rata-rata rumah tangga Inggris, yang ditetapkan untuk dua tahun ke depan. Batas baru ini merupakan tambahan dari rabat pemerintah £400, yang berarti bahwa tagihan untuk rata-rata rumah tangga akan tetap berada di sekitar degree mereka saat ini untuk tahun ini, yaitu £1.971. Meskipun ini akan membantu, harga energi masih lebih dari dua kali lipat dari harga musim dingin lalu.

Jika Anda khawatir tentang dampak inflasi yang melonjak pada keuangan Anda, Anda dapat mencari cara untuk mengurangi tagihan rumah tangga Anda di artikel kami Cara menghemat uang – 19 suggestions menghemat uang. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang krisis energi saat ini dalam panduan kami Krisis tagihan energi: Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi biaya yang melonjak?

Sementara itu, ukuran inflasi Indeks Harga Eceran (RPI), yang mencakup biaya perumahan, mencatat kenaikan tertinggi selama 400 tahun juga, mencapai 12,3% dalam 12 bulan hingga Juli, naik dari 11,8% pada Juni.

Grant Fitzner, kepala ekonom di Kantor Statistik Nasional (ONS), mengatakan: “Berbagai kenaikan harga mendorong inflasi naik lagi bulan ini.

“Harga pangan naik terutama, terutama produk roti, susu, daging dan sayuran, yang juga tercermin dari harga takeaway yang lebih tinggi.

“Kenaikan harga barang-barang pokok lainnya, seperti makanan hewan, tisu rest room, sikat gigi dan deodoran juga mendorong inflasi pada Juli.”

Dia menambahkan, harga paket liburan juga naik, didorong oleh kenaikan permintaan, serta biaya bahan baku dan barang yang keluar dari pabrik.

Author: Willie Kelly